Apa yang dimaksud
dengan biaya? dan sebutkan macam-macam biaya!
Biaya peluang atau
biaya kesempatan (bahasa Inggris: Opportunity Cost) adalah biaya yang
dikeluarkan ketika memilih suatu kegiatan. Berbeda dengan biaya sehari-hari,
biaya peluang muncul dari kegiatan alternatif yang tidak bisa kita lakukan.
Sebagai contoh, misalkan seseorang memiliki uang Rp 10.000.000. Dengan uang
sebesar itu, ia memiliki kesempatan untuk bertamasya ke Bali atau membeli
sebuah TV. Jika ia memilih untuk membeli TV, ia akan kehilangan kesempatan
untuk menikmati keindahan Bali; begitu pula sebaliknya, apabila ia memilih
untuk bertamasya ke Bali, ia akan kehilangan kesempatan untuk menonton TV.
"Kesempatan yang hilang" itulah yang disebut sebagai biaya peluang.
Macam – macam biaya :
1. Total Biaya (TC) keseluruhan biaya yang
dikeluarkan dalam proses produksi sampai terciptanya barang. Rumus : TC = TFC +
TVC
2.
Biaya Perunit (AC) : Biaya yang dikeluarkan
untuk memproduksi 1 unit barang jadi. Rumus : AC = TC / Q . Q adalah Produk.
3.
Biaya Marginal (MC) : Tambahan biaya karena
menambah 1 unit barang yang diproduksi
Jelaskan kurva biaya?
Untuk menunjukan fungsi biaya yang memiliki hubungan antara
input dan output yang di nyatakan dengan
nilai uang.
Jelaskan mengapa
konsep biaya perlu dipertimbangkan oleh semua organisasi perusahaan?
Agar organisasi perusahaan dapat memantau dengan detil biaya
yang akan masuk dan keluar dengan cara mempertimbangkan konsep biaya nya
terlebih dahulu, konsep biaya juga dapat membuat organisasi perusahaan untuk
mengatur biaya seminim mungkin. Dan meminimalisir kecurangan dalam pengeluaran
biaya.
Jelaskan bagaimana
tindakan perusahaan jika tingkat penjualan sangat rendah tetapi perusahaan
ingin tetap ada dipasar, konsep seperti apa yang perlu diterapkan perusahaan
tersebut?
Hal berikut tindakan yang harus di perhatikan perusahaan
agar tetap ada di pasar :
Dari sudut pandang penjual :
·
Tempat yang strategis (place),
·
Produk yang bermutu (product),
·
Harga yang kompetitif (price), dan
·
Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
·
Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs
and wants)
·
Biaya konsumen (cost to the customer)
·
Kenyamanan (convenience)
·
Komunikasi (comunication)
Coba anda buat pengkategorian biaya!
Pengkategorian biaya :
1.
Biaya Penjualan yaitu Biaya Gaji dan Komisi Penjualan; Biaya Advertensi;
Biaya Bahan Pembantu untuk bagian penjualan dan toko; Biaya Depresiasi aktiva
tetap bagian penjualan; Biaya Depresiasi alat pengangkutan penjualan; Biaya
yang berhubungan dengan bagian penjualan.
2.
Biaya Administrasi dan Umum yaitu Biaya Gaji Pimpinan
dan Pegawai Kantor; Biaya bahan pembantu untuk kantor; Biaya Depresiasi Aktiva
tetap kantor; Biaya Telepon, air, listrik, parkir dll.
No comments:
Post a Comment